Teh Putih (White Tea)

White Tea

White Tea

 

Saat pertama melihat teh ini saya langsung jatuh cinta, bentuknya sangat unik dan cantik dengan pucuk daun muda yang diselimuti dengan bulu-bulu berwarna putih keperakan persis seperti uban (wadaw…)dan karena itulah teh ini disebut dengan white tea.

Pada saat menyeduh teh ini maka akan tercium aroma daun segar yang kuat, pada saat mencicipi maka kita akan merasakan cita rasa yang sangat berbeda dengan teh-teh lainnya. Karakteristik teh pada umumnya adalah rasa astrigency atau sepet, pada teh putih kita tidak akan menemukan rasa sepet, yang muncul justru rasa umami, grassy, dan sweet. Warna seduhan juga sangat berbeda, karena bisa saja tidak berwarna hingga kekuningan.Seduhan White tea

Teh putih mulai dikenal di cina pada masa pemerintahan dinasti song (960 M-1270 M), pada saat itu teh ini hanya disajikan untuk keluarga kekaisaran. Awalnya teh ini dibuat menjadi bubuk sebelum di seduh dengan air panas dan cara pembuatan ini dikenal dengan sebutan upacara teh song. Akan tetapi, saat ini teh putih disajikan dengan menyeduh langsung pucuk daun teh putih tanpa perlu membuatnya menjadi bubuk terlebih dahulu.

Teh putih hingga saat ini masih langka dan tidak mudah ditemui (Bear Brand dari nestle salah satu variannya menambahkan teh putih, tapi kemungkinan teh yg digunakan dalam bentuk serbuk dan bukan dalam bentuk daun), salah satu penyebabnya adalah ketersediaan pucuk berkualitas tinggi yang masih diselimuti bulu-bulu ini sangat terbatas sehingga teh ini tidak dapat di produksi secara massal. Saya sendiri mendapatkan teh ini dari PPTK Gambung dengan harga perkilonya 1,2 juta….(untungnya dibayari kantor plus dikasih oleh-oleh dari bapak-bapak disana yang kebanyakan kagama juga…hahahaha).

Proses pemetikan pucuk daun harus berhati-hati, pemetik hanya boleh memetik pucuk dan dua helai daun termuda yang belum terbuka dan masih diselimuti rambut-rambut halus berwarna putih keperakan. Tidak boleh memetik pucuk daun yang rusak oleh angin, manusia, atau serangga dan yang menyentuh tanah. Pemetikan harus dilakukan sebelum matahari terbit untuk menjaga kelembaban pucuk.

Pucuk-pucuk daun itu kemudian dilayukan dengan cara dihamparkan secara merata dan tipis-tipis diatas wadah anyaman bambu, kemudian dijemur dibawah sinar matahari yang tidak terlalu panas. Teh putih kemudian dikeringkan dengan bantuan sinar matahari dan angin pegunungan hingga kadar air 3-4%.

Teh yang telah kering kemudian di sortasi berdasarkan bentuk dan ukurannya. Teh kemudian di kemas dan dipasarkan.

Proses pengolahannya termasuk sangat simple, tanpa proses fermentasi dan pemanasan yang berlebih. Selain itu bahan baku teh yang sangat special menyebabkan teh ini kaya akan theanin, gallic acid dan polifenol khususnya EGCG. Konsentrasi EGCG tertinggi terdapat di dalam teh putih dibandingkan dengan varian teh lainnya.

Jika anda cukup beruntung menemukan teh ini, maka tidak ada salahnya anda mencoba teh ini, siapa tau bisa jatuh cinta seperti saya pada teh putih yang saya sebut: the king of tea.

Contoh-Contoh Produk White Tea

INKO’s LLC

Bottled White Tea in Apricot, Blueberry, Cherry Vanilla, Hint o’ Mint, Honeydew, Honeysuckle, Lychee, Original (Ginger), White Peach

Inko's White tea

                        http://www.thenibble.com/reviews/main/beverages/teas/inkos.asp

Berry White

Berry White tea

Sumber: http://www.berrywhite.com/pomegranate/

TEAS’ TEA

Now the Green White Tea flavor is what I was most excited to try, being that’s it’s unsweetened and that is what kind of tea I normally drink.  This green tea is also very light tasting and is combined with the flavor of benefits that come with white tea.  Studies have shown that white tea contains health promoting antioxidants.  I like the combination of the both teas’ flavors in this drink.  Light, refreshing, and very tasty!  This is another flavor I wouldn’t mind having again!

Teas'tea

See more at: http://www.textbookmommy.com/2012/07/let-good-times-roll-with-teas-tea.html#sthash.EsKuRmCk.dpuf

Lipton

Diet White Tea with Raspberry. Take a refreshing break wherever you go with Lipton® Diet Iced Tea with Raspberry Flavor. It’s a white tea with a touch of raspberry; a clean, light taste, with flavonoids and low in calories for your active, healthy lifestyle

 Lipton White Tea

Sumber: http://www.liptontea.com/product/detail/141487/diet-white-tea-rasberry

NESTLE

Nestle White Tea

Sumber: http://www.nestle.co.id/eng/brands/readydrinkbeverages/bearbrand

POKKA

Chrysanthemum, Elderflower, and Honeysuckle

Pokka White Tea

http://xtemujin.wordpress.com/tag/makan-intel/

Satu respons untuk “Teh Putih (White Tea)

Tinggalkan komentar